Selasa, 22 Agustus 2017

TUGAS POK TOPIC 2

TUGAS POK TOPIC 2
SURYA OCTAVIAN
01215154
MANAGEMENT KLS C

Toko Online vs Toko Konvensional

            Kegiatan perekonomian dimana setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling bertukar jenis barang, jasa, ataupun informasi dengan menggunakan uang sebagai alat transaksinya disebut pasar. Pasar memungkinkan terjadinya perdagangan, distribusi, dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Salah satu wujud nya adalah toko dimana konsumen dapat menemukan barang ataupun jasa yang mereka butuhkan dan inginkan. Kegiatan menjual produk melalui toko ini dapat dilakukan salah satunya dengan dua cara yaitu membuka toko online dan toko konvensional (fisik). 


Toko Konvensional

            Toko konvensional dapat terlihat secara fisik, dimana pembeli dapat datang langsung untuk melihat, memilih dan membeli barang atau jasa yang mereka butuhkan. Pembayaran juga dapat dilakukan pada saat itu juga tanpa melalui perantara. Mendirikan toko konvensional juga harus mempersiapkan lokasi yang strategis sehingga memudahkan pelanggan untuk dating.  Berikut kelebihan dan kekurangan toko konvensional :


Kelebihan toko konvensional :

·         Barang atau jasa yang ditawarkan dapat terlihat secara nyata sehingga meminimalkan kesalahan pemilihan barang.
·         Pelanggan tidak harus dikenai biaya tambahan utuk ongkos kirim karena mereka bisa langsung membayar diempat.
·         Karena biasa dilihat secara nyata, secara otomatis tingkat kepercayaan pembeli cenderung tinggi.
·         Toko konvensional biasanya memiliki variasi produk yang banyak dan lengkap karena stok perjenis produk lebih sedikit.
·         Toko konvensional tidak terhambat oleh hal-hal yang berhubungan dengan tekhnologi, koneksi internet yang sedang terputus misalnya.





Kekurangan toko konvensional :

·         Jangkauan pasar nya terbatas, hanya dapat memasarkan produk atau jasa nya disekitar toko mereka saja.
·         Membuka toko konvensional harus menyewa tempat strategis, mengisi persediaan barang, menggaji karyawan, dan mempromosikan toko. Dan semua iu pasti membutuhkan modal yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan.
·         Membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelola toko tersebut, sehingga sedikit repot dalam mengoperasikannya.
·         Biaya pengembangannya cukup tinggi sehingga sulit untuk menarik minat pasar.
·         Biaya promosi yang relatif tinggi karena harus memasang iklan di Koran maupun di radio.

Transaksi jual beli melalui toko konvensional pada masa sekarang sering digunakan sebagai alternative saja mengingat saat ini sudah marak adanya transaksi jual beli melalui toko online yang dinilai jauh lebih mudah, baik bagi pembeli maupun bagi penjual.


Toko Online

Toko Online adalah tempat terjadinya aktivitas jual beli barang yang terhubung dalam satu jaringan internet, dan pelanggan dapat memilih barang melalui foto-foto yang tersedia lalu dapat membayarnya melalui berbagai fasilitas, transaksi melalui bank salah satunya. Dibawah ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan toko online :


Kelebihan toko online :

·           Menghemat biaya operasi karena toko online tida harus menyediakan dana untuk menyewa lokasi untuk berjualan.
·           Pemilik toko online dapat mengeoperasikan dimanapun dan kapan pun selama ada koneksi internet.
·           Jangkauan pasar nya bisa lebih luas karena toko online tidak mengenal batasan tempat, bahkan bisa sampai ke luar negeri.
·           Tidak harus membayar karyawan untuk menjaga toko karena toko online relatif dapat ditangani seorang diri.
·           Informasi yang ditampilkan bisa lebih banyak dan lebih menarik sehingga pembeli dapat mendapat gambaran yang lebih baik mengenai produk.
·           Memudahkan pelanggan memilih barang, bisa dilakukan dikantor dirumah atau dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.
·           Pada umumnya harga pada toko online relatif lebih murah karena stok yang tersedia jauh lebih banyak.




Kekuarangan toko online :

·         Pembeli dikenai biaya kirim karena terkadang lokasi pemilik toko online dengan pembeli terpisah jarak yang cukup jauh.
·         Karena pembeli hanya dapat melihat produk dari foto maka sering terjadi kesalahan pemilihan barang, bisa saja barang yang terliha di foto tidak sama dengan barang aslinya.
·         Diperlukan tenaga khusus untuk membentuk toko online, tidak bisa sembarang orang awam karena dibutuhkan pengetahuan dibidang tekhnologi.
·         Tngakat kepercayaan pembeli rendah karena tidak keberadaan toko online tidak terlihat secara fisik.


Usaha toko online dapat dimiliki oleh siapapun tanpa ada batasan hanya dengan menyewa hosting atau domain dengan biaya yang relatif rendah. Banyak sekali toko online yang menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, bahkan sampai milyaran rupiah per tahun.


 Peluang toko online di Indonesia

Website sudah menjadi keharusan dalam sebuah usaha, hampir semua produk dengan merek ternama didunia mempunyai web untuk mengembangkan dan memasarkan produk mereka secara lebih luas lagi. Melalui toko online pelanggan dapat lebih merasa terhubung dengan produk-produk kesayangan mereka, karena mereka bisa setiap saat memantau perkembangan nya. Seperti misalnya produk keluaran terbaru apa yang sedang di launching, atau berapa harga nya dipasaran. Dengan membuka web site toko itu semua informasi yang dibutuhkan tersedia serta kemudahan belanja dapat dinikmati.

Di Indonesia sendiri toko online semakin menjamur. Hal itu dikarenakan pengguna internet yang meningkat karena didukung program internet murah serta adanya jejaring social yang kian marak terutama dikalangan anak muda. Walaupun sudah didukung oleh banyak fasilitas penunjang bukan berarti tidak ada hambatan sama sekali. Banyaknya pesaing yang kian maju kerap berdampak pada gagalnya toko online. Tingginya tingkat konsumsi di Indonesia yang mau tidak mau memotivasi para pengusaha toko online untuk lebih meningkatkan nilai pada produknya sehingga menjaring sebanyak mungkin pelanggan.

Berikut ini beberapa langkah membuat toko online yang baik :
·         Memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pembeli, tetapi tingkat persaingannya masih rendah.
·         Menggunaka search engine sebagai marketer sehingga mendapatkan keyword yang dapat dicari orang.
·         Membuat website yang meyakinkan sebagai alat promosi.
·         Respon cepat kepada pelanggan. Jadi walaupun wujudnya tok online, tapi istilah “pembeli adalah raja” masih berlaku. Kepuasaan pelanggan adalah kucinya.
·         Mempunyai mental wirausaha seperti pantang menyerah, berani mengambil resiko, dan selalu mencari peluang.

Pada akhirnya toko online ataupun toko konvensional sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tergantung ketertarikan kita dan peluang yang kita dapatkan. Tetapi akan jauh lebih baik jika dua jenis toko ini dapat berjalan beriringan. Misalnya orang dengan bisinis online yang sudah sukses dan mempunyai banyak persediaan dapat membuka toko konvensional sehingga dapat menjaring pelanggan yang bersedia datang, begitu pula sebaliknya oramg yang sudah mempunyai toko konvensional dapat membuat toko online untuk mengembangkan usahanya dan melebarkan sayapnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar