TUGAS POK TOPIC 2
SURYA OCTAVIAN
01215154
MANAGEMENT KLS C
Toko
Online vs Toko Konvensional
Kegiatan perekonomian dimana setiap
struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling bertukar jenis
barang, jasa, ataupun informasi dengan menggunakan uang sebagai alat
transaksinya disebut pasar. Pasar memungkinkan terjadinya perdagangan,
distribusi, dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Salah satu wujud nya
adalah toko dimana konsumen dapat menemukan barang ataupun jasa yang mereka
butuhkan dan inginkan. Kegiatan menjual produk melalui toko ini dapat dilakukan
salah satunya dengan dua cara yaitu membuka toko online dan toko konvensional
(fisik).
Toko
Konvensional
Toko
konvensional dapat terlihat secara fisik, dimana pembeli dapat datang langsung
untuk melihat, memilih dan membeli barang atau jasa yang mereka butuhkan.
Pembayaran juga dapat dilakukan pada saat itu juga tanpa melalui perantara.
Mendirikan toko konvensional juga harus mempersiapkan lokasi yang strategis
sehingga memudahkan pelanggan untuk dating. Berikut kelebihan dan
kekurangan toko konvensional :
Kelebihan toko konvensional :
·
Barang atau jasa yang ditawarkan dapat terlihat secara nyata
sehingga meminimalkan kesalahan pemilihan barang.
·
Pelanggan tidak harus dikenai biaya tambahan utuk ongkos kirim
karena mereka bisa langsung membayar diempat.
·
Karena biasa dilihat secara nyata, secara otomatis tingkat
kepercayaan pembeli cenderung tinggi.
·
Toko konvensional biasanya memiliki variasi produk yang banyak
dan lengkap karena stok perjenis produk lebih sedikit.
·
Toko konvensional tidak terhambat oleh hal-hal yang berhubungan
dengan tekhnologi, koneksi internet yang sedang terputus misalnya.
Kekurangan toko konvensional :
·
Jangkauan pasar nya terbatas, hanya dapat memasarkan produk atau
jasa nya disekitar toko mereka saja.
·
Membuka toko konvensional harus menyewa tempat strategis,
mengisi persediaan barang, menggaji karyawan, dan mempromosikan toko. Dan semua
iu pasti membutuhkan modal yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan.
·
Membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelola toko tersebut,
sehingga sedikit repot dalam mengoperasikannya.
·
Biaya pengembangannya cukup tinggi sehingga sulit untuk menarik
minat pasar.
·
Biaya promosi yang relatif tinggi karena harus memasang iklan di
Koran maupun di radio.
Transaksi
jual beli melalui toko konvensional pada masa sekarang sering digunakan sebagai
alternative saja mengingat saat ini sudah marak adanya transaksi jual beli
melalui toko online yang dinilai jauh lebih mudah, baik bagi pembeli maupun
bagi penjual.
Toko
Online
Toko
Online adalah tempat terjadinya aktivitas jual beli barang yang terhubung dalam
satu jaringan internet, dan pelanggan dapat memilih barang melalui foto-foto
yang tersedia lalu dapat membayarnya melalui berbagai fasilitas, transaksi
melalui bank salah satunya. Dibawah ini adalah beberapa kekurangan dan
kelebihan toko online :
Kelebihan toko online :
·
Menghemat biaya operasi karena toko online tida harus
menyediakan dana untuk menyewa lokasi untuk berjualan.
·
Pemilik toko online dapat mengeoperasikan dimanapun dan kapan
pun selama ada koneksi internet.
·
Jangkauan pasar nya bisa lebih luas karena toko online tidak
mengenal batasan tempat, bahkan bisa sampai ke luar negeri.
·
Tidak harus membayar karyawan untuk menjaga toko karena toko
online relatif dapat ditangani seorang diri.
·
Informasi yang ditampilkan bisa lebih banyak dan lebih menarik
sehingga pembeli dapat mendapat gambaran yang lebih baik mengenai produk.
·
Memudahkan pelanggan memilih barang, bisa dilakukan dikantor
dirumah atau dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.
·
Pada umumnya harga pada toko online relatif lebih murah karena
stok yang tersedia jauh lebih banyak.
Kekuarangan toko online :
·
Pembeli dikenai biaya kirim karena terkadang lokasi pemilik toko
online dengan pembeli terpisah jarak yang cukup jauh.
·
Karena pembeli hanya dapat melihat produk dari foto maka sering
terjadi kesalahan pemilihan barang, bisa saja barang yang terliha di foto tidak
sama dengan barang aslinya.
·
Diperlukan tenaga khusus untuk membentuk toko online, tidak bisa
sembarang orang awam karena dibutuhkan pengetahuan dibidang tekhnologi.
·
Tngakat kepercayaan pembeli rendah karena tidak keberadaan toko
online tidak terlihat secara fisik.
Usaha
toko online dapat dimiliki oleh siapapun tanpa ada batasan hanya dengan menyewa
hosting atau domain dengan biaya yang relatif rendah. Banyak sekali toko online
yang menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, bahkan sampai milyaran rupiah
per tahun.
Peluang toko
online di Indonesia
Website
sudah menjadi keharusan dalam sebuah usaha, hampir semua produk dengan merek
ternama didunia mempunyai web untuk mengembangkan dan memasarkan produk mereka
secara lebih luas lagi. Melalui toko online pelanggan dapat lebih merasa
terhubung dengan produk-produk kesayangan mereka, karena mereka bisa setiap
saat memantau perkembangan nya. Seperti misalnya produk keluaran terbaru apa
yang sedang di launching, atau berapa harga nya dipasaran. Dengan membuka web
site toko itu semua informasi yang dibutuhkan tersedia serta kemudahan belanja
dapat dinikmati.
Di
Indonesia sendiri toko online semakin menjamur. Hal itu dikarenakan pengguna
internet yang meningkat karena didukung program internet murah serta adanya
jejaring social yang kian marak terutama dikalangan anak muda. Walaupun sudah
didukung oleh banyak fasilitas penunjang bukan berarti tidak ada hambatan sama
sekali. Banyaknya pesaing yang kian maju kerap berdampak pada gagalnya toko
online. Tingginya tingkat konsumsi di Indonesia yang mau tidak mau memotivasi
para pengusaha toko online untuk lebih meningkatkan nilai pada produknya
sehingga menjaring sebanyak mungkin pelanggan.
Berikut ini beberapa
langkah membuat toko online yang baik :
·
Memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pembeli, tetapi
tingkat persaingannya masih rendah.
·
Menggunaka search engine sebagai marketer sehingga mendapatkan
keyword yang dapat dicari orang.
·
Membuat website yang meyakinkan sebagai alat promosi.
·
Respon cepat kepada pelanggan. Jadi walaupun wujudnya tok
online, tapi istilah “pembeli adalah raja” masih berlaku. Kepuasaan pelanggan
adalah kucinya.
·
Mempunyai mental wirausaha seperti pantang menyerah, berani
mengambil resiko, dan selalu mencari peluang.
Pada
akhirnya toko online ataupun toko konvensional sama-sama memiliki kekurangan
dan kelebihan masing-masing, tergantung ketertarikan kita dan peluang yang kita
dapatkan. Tetapi akan jauh lebih baik jika dua jenis toko ini dapat berjalan
beriringan. Misalnya orang dengan bisinis online yang sudah sukses dan
mempunyai banyak persediaan dapat membuka toko konvensional sehingga dapat
menjaring pelanggan yang bersedia datang, begitu pula sebaliknya oramg yang
sudah mempunyai toko konvensional dapat membuat toko online untuk mengembangkan
usahanya dan melebarkan sayapnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar